Sondang P Siagian  MPA.PHD Administrasi keseluruhan proses kerja sama 
antara dua orang   atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu
 untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
          
 Drs.The Liang Gie Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan 
penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekolompok 
orang dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
          
 Drs.Soebari Trisna Administrasi adalah keseluruhan proses 
penyelenggaraan dalam usaha kerja sama dua orang atau lebih dengan 
secara rasional untuk mencapai tujuan yang telah dkitetapkan sebelumnya 
secara efesien.
          
 Depdinas RI Administrasi ialah usaha bersama untuk mendayagunakan semua
 sumber (personal maupun material) secara efektif dan efesien guna untuk
 menunjang tercapainya tujuan pendidikan.
B. Pengertian Administrasi Pendidikan
          
 Drs.M.Ngalim Purwanto Administrasi Pendidikan ialah segenap proses 
pengarahan dan penintegrasian segala sesuatu baik personal ,spiritual 
dan material yang bdersangkut paut dengan tercapainya tujuan pendidikan.
          
 Depdiknas RI Administrasi pendidikan adalah suatu proses kseleruhan 
kegiatan bersama dalam dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan
 ,pengorganisasian ,pengarahan ,pengkoorcdinasiaan,pengawasan,pembiyaan 
dan pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang 
tersdia ,baik oersonal ,material maupun sepritual untuk mencapai tujuan 
pendidikan secara efesien dan efektif.
          
 Sedangkan menurut pendapat para ahli yang lainnya Adminitrasi 
pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang –orang dalam rangka 
usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif ,yang berarti mendatangkan
 hasil yang baik dan tepat ,sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah 
ditentukan.atau administrasi pendidikan adalah semua kegiatan sekolah 
yang meliputi usaha-usaha besar seperti perumusan polis,pengarahan usaha
 ,koordinasi,konsultasi ,korespondensi,control dan seterusnya ,sampai 
kepada usaha-usaha kecil dan sederhana seperti menjaga sekolah ,menyapu 
halaman dan lain sebagainya .
           Dengan beberapa pengertian tersebut di atas ,mka perlu ditegaskan disini sebagai berikut;
a.    Bahwa
 seluruh administrasi pendidikan itu merupakan proses keseluruhan dan 
kegiatan-kegiatan bersama yang harus dilakukan oleh semua pihak yang ada
 sangkut pautnya dengan tugas-tugas pendidikan.
b.   Bahwa
 administrasi pendidikan itu mencakup kegiatan-kegiatan yang luas yang 
meliputi kegiatan perencanaan ,pengorganisasian,pengarahan dan 
pengawasan ,khususnya dalam bidang pendidikan yang diselenggarakan di 
sekolah-sekolah.
c.    Bahwa
 administrasi pendidikan itu bukan hanya sekedar kegiatan tata usaha 
seperti dilakukan di kantor-kantor ,inspeksi pendidikan lainnya. 
C. Dasar administrasi.
           Adapun dasar administrasi adalah sebagai berikut;
a.    Efesiensi,seorang
 administrasi akan berhasil dalam tugasnya bilamana dia   efesien dalam 
menggunakansemua sumber tenaga  dana dan fasilitas yang  ada.
b.   Prinsip
 pengelolaan,administrator akan memperoleh yang paling efektif dan 
efesien melalui orang lain dengan jalan melakukan pekerjaan menejemen 
yakni merencanakan ,mengorganisasikan,mengarahkan dan mengontrol.
c.    Prinsip
 mengutamakan tugas pengelolaan,maksudnya adalah sebagai petugas seorang
 administrator harus mengutamakan tugas pokonya ketimbang tugas  lain 
yang sifatnya penunjang.
d.   Prinsip
 kepemimpinan yang efektif yakni memperhatikan dimensi-dimensi   
hubungan antar manusia (human  relationship) ,dimensi pelaksanaan tugas 
dan dimensi situasi(sikon) yang ada.
e.    Prinsip
 kerja sama,seorang administrator akan berhasil baik dalam tugasnya bila
 ia mampu mengemban kerja sama di antara orang-orang yang terlibat, baik
 secara horixontal maupun secara vertical.
D. Tujuan Administrasi  Pendidikan
          
 Tujuan administrasi pendidikan adalah agar semua kegiatan yang 
mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Kemudian menurut Sergiovani dan
 Carver  adalah efektivitas produksi,efesien,kemampuan menyesuaikan 
diri,dan kepuasan kerja.
          
 Sedangkan tujuan administrasi pendidikan di Indonesia yang dilaksanakan
 di sekolah juga bersumber dari tujuan pendidikan Nasional yang 
digariskan dalam GBHN adalah meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang 
Maha Esa,mempertinggi budi pekerti,atau memiliki kepribadian mempertebal
 semangat kebangsaan agar menjadi manusia pembangunan ,memiliki 
kecerdasan serta terampil.
E. Bidang Garapan administrasi.
a.    a. Administrasi tata laksana sekolah yang meliputi;
1.Organisasi dan Struktur
2.Otorisasi dan anggaran
3.Kepegawaian
4.Perlengkapan dan perbekalan
5.Keuangan dan pembukuan
6.Korespondensi/surat menyurat
7.Laporan
8.Pengangkatan,penempatan dan pemindahan serta pemberhentian
9.Pengisian buku pokok (induk) raport dsb.
b. Administrasi personal guru dan pegawai sekolah melipuiti;
     1. Pengangkatan dan penempatan guru
     2. Organisasi personal guru
     3. Masalah kepegawaian dan kesejahteraan guru
     4. Rencana orientasi bagi tenaga guru baru
     5. kondiute dan penilaian kemajuan guru
     6. Inserrvise training dan up-grading guru.
c. Administrasi murid melipuiti;
    1. Organisasi dan perkumpulan murid
    2. Masalah kesehatan dan kesejahteraan murid
    3. penilaian dan pengukuran murid
    4. Bimbingan dan penyuluhan.
d. Supervisi Pengajaran meliputi;
    1. Usaha membangkitkan dan merangsang semangat guru
    2. Usaha mengembanngkan,mencari dan menggunakan metode baru
    3. Mengusahakan cara-cara menilai hasil pendidikan dan pengajaran
    4. Usaha mempertinggi mutu dan pengalaman guru.
e.Pelaksanaan dan pembinaan kurikulum meliputi;
    1. Mempedomani dan merealisasikan apa yang tercantum dalam kurikulum
    2. Menyusun dan melaksanakan organisasi kurikulum beserta materi,sumber  Dan metode.
   
 3. Menuruti atau megikuti kurikulum yang sudah ada juga berhak atau 
boleh  Memilih atau menambah materi atau metode  yang sesuai dengan 
kebutuhan.
f. Pendirian dan perencanaan bangunan sekolah meliputi;
   1. cara memilih letak dan menentukan luas tanah yang dibutuhkan
   2. Mengusahakan merencanakan dan menggunakan pendirian gedung sekolah
   3. Menentukan jumlah dan luas ruangan kelas,kantor,asrama ,lapangan olah  Raga halaman sekolah dll.
   4. Cara penggunaan sarana dan prasarana serta pemeliharaannya dan lain2.
           g. Hubungan masyarakat meliputi;
  
          Hal ini hubungan antara sekolah dengan sekolah 
,pemerintah/instransi yang Terkait,dan hubungan masyarakat pada umumnya. 
           F. Fungsi fungsi Administrasi Pendidikan
           Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang fungsi administrasi pendidikan adalah sebagai berikut;’
1.Perencanaan.
          
 Setiap program ataupun konsepsi memerlukan perencanaan terlebih dahulu 
sebelum melaksanakan.Perencanaan adalah cara menghampiri masalah.Dalam 
penghampiran masalah itu si perencana berbuat merumuskan apa saja yang 
harus dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya.
          
 Perencanaan merupakan sarat mutlak bagi kegiatan administrasi,tanpa 
perencanaan suatu kegiatan akan mengalami kesulitan dan bahkan kegagalan
 dalam mencapai tujuan yang diinginkan .
          
 Didalam kegiatan perencanaan ada dua factor yang harus diperhatikan 
,yaitu factor  tujuan  dan factor sarana ,baik sarana personal maupun 
sarana material.
           Sedangkan langkah-langkah dalam perencanaan meliputi;
a.    Menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai.
b.   Meneliti masalah –masalah atau pekerjaan-pekerjaanyang akan dilakukan
c.    Mengumpulkan data-data dan informasi yang diperlukan.
d.   Menentukan tahap-tahap atau rangkaian tindakan.
e.    Merumuskan bagaimana masalah-masalah itu akan dipecahkan dan bagaimana pekerjaan-pekerjaan itu akan diselesaikan.
       Syarat-syarat perencanaan adalah sebagai berikut;
a.    Perencanaan harus didasarkan atas tujuan yang jelas.
b.   Bersifat sederhana ,realitas dan jelas.
c.    Terinci memuat segala uraian serta klasifikasi kegiatan dan rangkaian tindakan sehingga mudah dipedomani dan dijalankan.
d.   Memilki fleksibelitas sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan serta situasi dan kondisi sewaktu-waktu.
e.    Terdapat pertimbangan antara bermacam-macam bidang akan digarap dalam perencanaan itu .Menurut urgensi masing-masing.
f.    Diusahakan
 adanya penghematan tenaga,biaya,dan waktu serta kemungkinan penggunaan 
sumber daya dan dana yang tersedia dengan sebaik-baiknya,
g.   Diusahakan agar sedapat mungkin tidak terjadi adanya duplikasi pelaksanaan.
Dengan
 kata lain perencanaan dapat berarti pula memikirkan tentang penghematan
 tenaga,biaya dan waktu,juga membatasi kesalahan –kesalahan yang mungkin
 terjadi dan menghindari adanya duplikasi-duplikasi atau tugas-tugas 
/pekerjaan rangkap yang dapat menghambat jalan penyelesaiannya.
2. Pengorganisasian.
          
 Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk 
hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujudnya suatu 
kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
          
 Pengorganisasian sebagai fungsi adminiatrsi pendidikan menjadi tugas 
utama bagi para pemimpin pendidikan termasuk kepala sekolah,terutama 
dalam kegiatan sehari-hari di sekolah terdapat berbagai macam pekerjaan 
yang memerlukan kecakapan dan ketrampilan dan tanggung jawab yang 
berbeda-beda.
          
 Kemudian yang perlu diperhatikan dalam pengorganisasian antara lain 
ialah pembagian tugas,wewenang dan tanggung jawab ,hendaknya disesuaikan
 dengan pengalaman,bakat,minat,pengetahuan dan kepribadian masing-masing
 orang-orang yang diperlukan dalam menjalankan tugas.
           Fungsi Organisasi dapat diartikan bermacam-macam yaitu;
a.       Sebagai
 pemberi struktur terutama dalam penyusunan /penempatan 
personal,pekerjaan-pekerjaan materilan dan pikiran=pikirandi dalam 
struktur.
b.      Sebagai
 menetapkan hubungan antara orang –orang,kewajiban-kewajiban,hak-hak dan
 tanggung jawab masing-masing anggota disusun menjadi pola-pola kegiatan
 yang tertuju pada tercapainya tujuan .
c.       Sebagai alat untukmempersatukan usaha-usaha untuk menyelesaikan pekerjaan.       
Organisasi yang baik hendaklah memiliki cirri-ciri atau sifat sebagai berikut;
a.    Memiliki tujuan yang jelas.
b.   Tiap anggota memahami dan menerima tujuan tersebut.
c.    Adanya kesatuan arah sehingga dapat menimbulkan kesatuan tindakan dan  kesatruan pikiran.
d.   Adanya
 kesatuan perintah,para bahwahan hanya mempunyai seorang atasan langsung
 daripadanya ia menerima perintah atau bimbingan dan kepada siapa ia 
harus mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya.
e.    Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab masing-masing anggota.
f.    Adanya
 pembagian tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan,keahlian 
dan bakat masing-masing.Sehingga dapat menimbulkan kerja sama yang 
harmonis dan kooperatif.
Pengkoordinasian,
    
 Adanya bermacam- macam tugas/pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang
 ,memerlukan adanya koordinasi dari seorang pemimpin.
    
 Adanya koordinasi yang baik dapat menghindarkan kemungkinan terjadinya 
persaingan yang tidak sehat atau kesimpang siuran dalam tindakan.
    
   Kita mengetahui bahwa rencana/program-program pendidikan yang harus 
di laksanakan di-sekolah-sekolah sifatnya sangat kompleks dan sangat 
mengandung banyak segi yang saling bersangkut paut satu sama lain.
    
 Sifat komplek yang dipunyai oleh program pendidikan di sekolah 
menunjukkan sangat perlunya tindakan-tindakan yang di koordinasi kan 
atau dengan kata lain koordinasi ialah aktivitas membawa orang-orang 
material.pikiran-pikiran,tehnik-tehnik,tujuan-tujuan kedalam hubungan 
yang harmonis dan produktif dalam mencapai suatu tujuan.
Komunikasi.
    
 Komunikasi dalam setiap bentuk adalah suatu proses yang hendak 
mempengaruhi sikap dan perbuatan orang-orang  dalam struktur organisasi.
     Kemudian didalam komunikasi diperlukan motivasi dengan memperhatikan unsure-unsur sebagai berikut;
1.   Adanya keinginan untuk berhasil.
2.   Kejelasan tindakan yang harus diambil/dianjurkan.
3.   Keyakinan bahwa perubahan yang dianjurkan akan membawa hasil positif.
4.   Keyakinan adanya kesempatan yang sama bagi semua anggota.
5.   Keinginan akan adanya kebebasan untuk menentukan ,menolak ataupun menerima apa yang dianjurkan.
6.   Adanya tendensi untuk menilai (berdasarkan moral dan etika yang dianutnya) apa yang dianjurkan  sebelum melaksanakan.
Supervisi.
    
 Setiap pelaksanaan program pendidikan memerlukan adanya pengawasan atau
 supervise,dimana pengawsan bertanggung jawab tentang kefektifan 
program.Oleh karena itu supervise haruslah meneliti ada tidaknya 
kondisi-kondisi yang akan memungkinkan tercapainya tujuan-tujuan 
pendidikan.
Dengan kata kata lain fungsi terpenting supervise adalah sebagai berikut;
1.   Menentukan kondisi-kondisi atau syarat-syarat apakah yang diperlukan.
2.   Memenuhi/mengusahan syarat-syarat yang di perlukan .
Kepegawaian.
          
 Masalah yang diperlukan dalam didalam kegiatan-kegiatan kepegawaian 
ialah pemberian motivasi kepada para pegawai agar selalu bekerja 
giat,kesejahteraan pegawai,insentif dan penghargaan atau jasa-jasa 
mereka.Kondite dan bimbingan untuk  dapat lebih maju.kemudian adanya 
kesempatan untuk mengapgrade diri,masalah pemberhentian dan pensiun 
pegawai.
Pembiayaan.
          
 Pembiayaan ini dapat diibarakan bensin bagi sebuah mobil atau motor. 
Mengingat pentingnya biaya bagi setiap organisasi ,tanpa biaya yang 
mencukupi tidak mungkin terjamin kelancaran jalannya suatu organisasi.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembiayaan adalah sebagai berikut;
1.   Rencanakan tentang beberapa pembiayaan yang diperlukan,
2.    Dari mana dan bagaimana biaya itu dapat diperoleh/diusahakan.
3.   Bagaimana penggunaannya.
4.   Siapa yang melaksanakannya.
5.   Bagaimana pembukuan dan pertanggung jawabannnya.
6.   Bagaimana pengawasan dan lain-lain.
Penilaian.
    
 Evaluasi sebagai fungsi administrasi pendidikan adalah aktivitas untuk 
meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan didalam
 proses keseluruhan organisasi dalam mencapai hasil yang sesuai dengan 
rencana atau program yang telah ditetapkan dalam rangka pencapaian 
tujuan pendidikan.Dengan kata lain supervise atau evaluasi selanjutnya 
dapat diusahakan bagaimana cara-cara memperbaikinya.
 [SUMBER] 
 

dalilasfia.blogspot.com
BalasHapushttp://administrasipendidikan2014.blogspot.co.id/
BalasHapusGelar administrasi pendidikan apa yah kak ?
BalasHapusGelar administrasi pendidikan apa yah kak ?
BalasHapusS.Pd
Hapusmakasi atas infonya gan. sangat bermanfaat izin share y di blogku www.anggotafoppsi.xyz
BalasHapusterimakasih atas informasinya
BalasHapusSoftware Toko Retail Support Barcode
thanks ,, sangt membantuuu
BalasHapusgünstige trauringe are one of the most memorable and exciting things to make any couple feel for their partners. I have seen some weddings, where close friends or some close family members present trauringe günstig as a gift to the couple on their wedding day.well if you want to promot your wedding and want to inhance your twitter followers approch the get twitter followers from a trusted site.
BalasHapusAsk him about his new habits and interests. When you discover new things about your partner,Click here
BalasHapusyeni perde modelleri
BalasHapusNumara Onay
Turkcell mobil ödeme bozdurma
nft nasıl alınır
Ankara evden eve nakliyat
Trafik Sigortasi
DEDEKTOR
Kurma websitesi
Ask romanlari
ümraniye mitsubishi klima servisi
BalasHapusbeykoz vestel klima servisi
beykoz bosch klima servisi
üsküdar bosch klima servisi
beykoz arçelik klima servisi
üsküdar arçelik klima servisi
pendik mitsubishi klima servisi
tuzla vestel klima servisi
kadıköy bosch klima servisi